Minggu, 21 November 2010

PNPM DESA SUNIA BARU DORONG PEREKONOMIN MASYARAKAT

Majalengka
PNPM Madiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari berbagai pihak demikian dikatakan Nanang ketua TPK desa sunia baru kecamatan bannjaran kabupaten majalengka
Warga blok sedatani Desa sunia baru Kecamatan banjaran patut berbangga diri. Betapa tidak, pekerjaan jalan sepanjang 1.3 KM yang menghubungkan kedesa lain telah berhasil diselesaikan. Yang pengerjaan dimotori Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM) ini telah rampung menurutnya ''Tentu dengan diperbaikinya jalan ini, warga bisa melaksanakan aktifitas dengan baik. Dan bisa mendorong perekonomin bagi warga masyarakat, jalan yang menghubungkan desa sunia baru dengan desa genteng baru rampung di aspal jalan sepajang 1,3 KM serta lebar 3 M ini didanai dari program PNPM senilai 78 juta dan di tunjang dengan swadaya masyarakat setempat”ujarnya”
Sementara menurut camat banjaran Munadjat subiyantara. BA. saat ditemui di kantornya menjelaskan bahwa Program pembangunan nasional masyarakat mandiri pedesaan (PNPM) merupakan salah satu program pemerintah yang menyentuh masyarakat. Prinsip yang terkandung dalam program PNPM antara lain yaitu Transparansi dan akuntabilitas yang menjadi landasan penting dalam menjalankan program menuju keberhasilan pengentasan kemiskinan, sehingga kepercayaan masyarakat dari segi alur, proses forum musyawwarah, serta pencairan dana dapat diakses oleh semua pihak baik pemerintah maupun kalangan masyarakat miskin dan juga perempuan. PNPM yang di gulirkan di kecamatan banjaran senilai 1 M dibagi 10 desa.dan selain itu program-program bantuan untuk mensejahtrakan masyarakat bukan hanya dari dana PNPM saja untuk saat ini banyak kucuran dana dari pemerintah untuk kecamatan banjaran di antaranya bantuan untuk pertanian, Jaringan usaha tani,jaringan irigasi desa,dan jalan usaha tani serta bantuan inprastuktur pedesaan (ADD) 1,5 M Bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah mudah-mudahan warga masyarakat dapat mersakan serta memanfaatkannya. Lebih lanjut Munadjat subiyantara. BA mengatakan bahwa di wilayah kecamatan banjaran masih terdapat jalan yang rusak salahsatunya jalan lingkar yang menghubungkan desa genteng ke desa sangiang serta jalan desa girimulya jalan penghubung sepanjang 6 KM tersebut keadaanya sangat memprihatikan dan pihak kami telah melaporkan kepada intansi terkait yang mudah-muhan dapat direalisasikan , karena jalan rusak jelas akan menghambat lajunya perekonomin warga “ujarnya” (Audin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar