Jumat, 28 Februari 2014

Kegiatan PMBK Di UPTD Kecamatan Cingambul Sarana Evaluasi Dan menggali potensi



Majalengka
Pembinaan Minat, Bakat dan Kreatifitas (PMBK) merupakan kegiatan rutin pada tiap tahunnya di Dinas Pendidikan Kabuaten Majalengka khususnya tingkat UPTD Pendidikan di berbagai kecamatan daerah Kabupaten Majalengka. Pada awal tahun 2014 ini hampir seluruh UPTD di Kecamatan tengah menyelenggarakan kegiatan tersebut.
            Seperti halnya di UPTD Pendidikan Kecamatan cingambul, beberapa waktu lalu telah menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan berbagai event lomba yang di ikuti seluruh siswa dan guru sekolah dasar di Kecamatan cingmbul.
            Kegiatan yang berlangsung digelar ditingkat  UPTD pendidikan kecamatan cingambul disambut antusias para siswa, mereka penuh semangat mengikuti berbagai lomba yang telah dijadwalkan oleh panitia, diantaranya PAI,sepak bola  mini,vollyball takraw, catur, atletik, sapta lomba dan kegiatan Festival Kompetensi & Kretifitas, calistung, sains, mengarang bahasa sunda, pupuh, puisi sunda, dongeng sunda, biantara, baca dan tulis aksara sunda, baca berita sunda, menyanyi solo, mengarang bahasa Indonesia, pidato bahasa Indonesia melukis, dll, para siswa ini terus berjuang guna menampilkan bakat dan kreatifitasnya untuk menunjukan kemampuan ilmunya yang selama ini mereka dapat. Mereka bersaing untuk menunjukan yang terbaik, yang selama ini mereka dapatkan dari kegiatan belajar mengajar disekolah dan memperlihatkan bakat serta minat yang ada.
Menurut ketua pantia kegiatan PMBK,  Udo stiadi S.Pd. yang diwakili  Kaokab S.Pd. selaku ketua KKS mengatakan “dari 28 sekolah dasar yang ada di Kecamatan cingambul  seluruhnya mengirimkan peserta untuk mengikuti berbagai lomba yang diadakan panitia,” tiap SD mengirimkan utusannya untuk mengikuti berbagai lomba.
            Hal senada disamapaikan olehAceng Jaelani S.Pd. M.Pd. ketua PGRI kec cingambul   PMBK yang dilaksanakan selama ini selain untuk ajang pencarian bakat juga sebagai evaluasi  dari kegiatan kegiatan pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di sekolah masing masing dengan harapan bisa membentuk karakter penerus bangsa yang sehat, sportif, cerdas, trampil.
           Sementara menurut  Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan cingambul H Iwan Rusmawan S.Pdi. M.Pd memberikan tanggapan bahwa PMBK sangat penting diadakan karena kegiatan ini merupakan upaya nyata terhadap implementasi dan evaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa serta meningkatkan kwalitas peserta didik dan mampu berpestasi di tingkat kabupaten maupun tingkat jawa barat sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan nasional.
            Kepala  Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka ,Drs, H Sanwasi MM.  mengatakan “PMBK merupakan sarana evaluasi  bagi para guru. Dengan kegiatan ini akan terlihat hasil dari binaan para guru kepada siswa, Dengan adanya Kegiatan PMBK tidak dijadikan ajang persaingan yang menjurus ke pertengkaran tapi merupakan ajang persaingan untuk berprestasi. Dari hasil PMBK tingkat kecamatan ini akan ditindaklanjuti di tingkat Kabupaten bahkan provinsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar