Senin, 09 November 2015

UPTD puskesmas terus memberikan peningkatan pelayanan melalui kegiatan GEBRAK



Majalengka
Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya subsistem upaya kesehatan.
Penyelenggaraan Pusat Kesehatan Masyarakat terus ditata ulang untuk meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat masyarakat serta menyukseskan program jaminan sosial nasional.
promosi kesehatan (health promotion) telah menjadi bidang yang semakin penting dari tahun ke tahun. telah terjadi perkembangan yang signifikan dalam hal perhatian fublic mengenai masalah promosi kesehatan. Penyelenggaraan promosi kesehatan dilakukan dengan mengombinasikan berbagai strategi yang tidak hanya melibatkan sektor kesehatan belaka, melainkan lewat kerjasama dan koordinasi segenap unsur masyarakat. promosi Kesehatan yaitu program pelayanan kesehatan puskesmas yang diarahkan untuk membantu masyarakat agar hidup sehat secara optimal melalui kegiatan penyuluhan (induvidu, kelompok maupun masyarakat). demikian dikatakan Ramli SKM progremer PROMKES UPTD puskesmas saat ditemui media ini.
UPTD PUSKESMAS kecamatan lemahsugih kabupaten majalengka terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan mempromosikan kesehatan masyarakat,  dengan berbagai cara serta kegiatan salahsatunya kegitan  gerakan bersama masyarakat (GEBRAK) kegitan  tersebut  sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT  RI ke 70 adapun kegitan yang telah dilaksanakan yaitu pemeriksaan, penilaian lomba bayi BATITA dan BALITA sehat,  fisik/screening kesehatan, penyuluhan/ kader,  penyuluhan kelompok/mitra dengan paraji, senam lensia,cerdas cermat tingakat sekolah SD/ MI, lomba mewarnai TK/PAUD,lomba melukis tingkat SD dan SLTP sekecamatan, lemahsugih kabupaten majalengka,
Menurut kepala UPTD PUSKESMAS H Aep Saeful R. SKM yang didampingi Ramli progremer promkes memaparkan “yang dilaksanakan UPTD puskesmas lemahsugih penyebaran informasi dalam bidang kesehatan yang melibatakan berbagai sektor atau lapisan masyarakat serta melibatkan UPTD pendidikan dan mengundang  kader dokter kecil untuk mengikuti cerdas cermat, kader kecil  UKS, mengadakan kemitran dengan paraji penyuluhan dengan kelomppok kader usaha kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) dengan kader POSYANDU, dalam kegiatan gebrak meliputi senam lansia, pemerikasan fisik fisik/screening  kegiatan kelompok penyuluhan kelompok bagi masyarakat yang berada di kecamatan lemahsugih.
Dia memabahkan puskesmas mempunyai melaksanakan tugas kebijakan kesehatan untuk mecapai tujuan kesehatan diwilayah kerja dalam rangka mendukung terwujudnya  kecamatan serta masyarakat sehat upaya ini dalam rangka melaksanakan peraturan mentri kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang kesehatan msyarakat, Promosi kesehatan dipuskesmas merupakan tanggung jawab bersama antara petugas, pengunjung maupun masyarakat. Petugas puskesmas diharapkan menjadi teladan perilaku sehat dimasyarakat dan melahirkan gerakan pemberdayaan masyarakat.harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar